Gambar Rumah Panjang Kalbar

Rumah betang suku dayak tidak hanya dibangun sebagai tempat tinggal belaka. Sesuai namanya rumah adat ini merupakan rumah panggung setinggi 5 8 meter dari permukaan tanah dan berbentuk persegi panjang dengan panjang hingga 180 meter dan lebar hingga 30 meter.

Mengintip Rumah Adat Dayak Betang Mitos Hantu Kepala Terbang

Rumah ini hanya terdiri dari satu kamar.

Gambar rumah panjang kalbar. Dari pulau terbesar ini pulau sumatera adalah salah satu yang terbesar dan terbagi menjadi beberapa provinsi. Rumah panjang di kalimantan barat mempunyai bentuk yang sempit tetapi dengan ukuran panjang yang ekstrem. Rumah adat ini bahkan mampu memecahkan rekor muri sebagai rumah adat terpanjang di indonesia dan bahkan disebut sebut sebagai rumah adat terbesar di dunia.

Bagian utama rumah panjang. Rumah panjang salah satu kebudayaan kalimantan barat yang akan langsung terlihat ketika anda berkunjung ke wilayah ini adalah rumah adatnya. Rumah radakng sendiri merupakan sebutan untuk rumah panjang suku dayak kanayatn yang ada di provinsi kalimantan barat.

Tangga atau lebih dikenal dengan nama hejot oleh suku dayak di kalimantan barat yang menghuni rumah panjang harus berjumlah ganjil. Rumah betang banyak ditemukan di kalimantan tengah dan kalimantan barat. Kita cukup browsing pada mesin pencari ketik kata kunci maka dengan cepat informasi mengenai macam macam rumah adat kalimantan barat muncul pada lini masa komunikasi daring.

Setiap ruang bilik yang bercantum yang membentuk rumah itu sebenarnya mempunyai pecahan bahagian mengikut jumlah keluarga yang ada di rumah panjang itu. Umumnya rumah panjang dilengkapi dengan 3 tangga yaitu di bagian depan rumah di ujung bagian kanan dan kiri. Rumah adat kalimantan barat budaya masyarakat dayak di kalimantan barat telah mengalami perubahan signifikan sebagai akibat dari perkembangan jaman yang terus melaju pesattidak seperti saat ini di masa silam masyarakat dayak umumnya hidup secara komunal tinggal bersama dalam satu rumah besar mencari makan bersama dan melakukan segala sesuatu dalam budaya kegotongroyongan.

Tetapi lebih dari itu rumah betang suku dayak memiliki fungsi lain nilai adat yang tinggi. Rumah panjang atau dalam bahasa iban rumah panjai ini pada asalnya mempunyai ciri ciri asli yang merangkumi bahan pembinaannya. Rumah panjang dalam bahasa dayak kanayatn rumah adat kalimantan barat disebut dengan rumah radakng atau rumah panjang.

Dimana bentuk dari rumah adat kalimantan barat ini disebut dengan istana kesultanan pontianak yang berbentuk rumah panggung. Gambar dan keterangan mengenai rumah adat kalimantan barat bisa ditemukan dengan mudah melalui lama media internet. Rumah betang suku dayak selalu berbentuk panggung dan panjang sesuai dengan namanya.

4 rumah panjang terdiri dari beberapa bagian yaitu teras atau biasa disebut dengan pante ruang tamu yang biasa disebut dengan samik dan ruang keluarga. Rumah adat sumatera barat indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pulaunya terbanyak di dunia dari puluhan ribu pulau di indonesia ada 5 pulau utama yaitu kalimantan jawa sumatera sulawesi dan papua. Struktur rumah panjang iban sangat menarik.

Rumah Panjang Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Foto Melihat Rumah Adat Tertua Di Kalimantan Barat Lifestyle Liputan6 Com

Betang House Pontianak 2020 All You Need To Know Before You Go With Photos Tripadvisor

Rumah Adat Kalimantan Barat Lengkap Jenis Ciri Khas Ruangan Dll

7 Rumah Adat Khas Kalimantan Tengah Borneo Id

Rumah Betang Suku Dayak Kalimantan Get Borneo

Rumah Betang Romin Bunuo Kec Kembayan Home Facebook

3 Jenis Rumah Adat Kalimantan Barat Dan Karakteristiknya

Rumah Betang Jantung Tradisi Dan Pusat Kebudayaan Dayak Kanayat N Tradisi Situs Budaya Indonesia

Rumah Adat Panjang Asal Suku Dayak Kalimantan Barat Pesona Nusantara

5 Rumah Adat Dayak Di Kalimantan Barat Yuk Kesana

Betang Rumah Adat Dayak Di Pontianak

Rumah Betang Tertua Di Kapuas Hulu Bikin Takjub Turis Asing Tribun Pontianak

Rumah Betang Suku Dayak Kalimantan Get Borneo


Belum ada Komentar untuk "Gambar Rumah Panjang Kalbar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel